5 Pilihan Motor Listrik di Indonesia

Motor listrik saat ini mulai membuktikan eksistensinya di pasar otomotif Indonesia. Di dini tahun ini, motor ramah area tersebut kehadiran pemain baru, ialah Electric Vehicle Indonesia( Elvindo). Kehadirannya menyusul merk motor listrik di Indonesia yang lain yang telah dirilis tadinya. Mulai dari Honda PCX Electric, Gesits, Viar Q1, Selis, United, dan EC- GO telah duluan turun ke publik.

Terus menjadi bertambahnya merek- merek ini menampilkan ciri kalau motor listrik hendak jadi kendaraan yang hendak mengambil alih motor konvensional di masa depan. Tidak hanya itu, keberadaan motor listrik kayaknya lumayan diminati warga Tanah Air. Salah satu faktornya sebab ialah sepeda motor listrik merupakan kendaraan ramah area.

Walaupun fasilitas infrastruktur pendukungnya belum mencukupi, tetapi tidak membuat para produsen sepeda motor listrik menyerah buat terus menghadirkannya. Apalagi, bermacam- macam sepeda motor listrik muncul dengan spesifikasi serta fitur yang baik.


Berikut merupakan catatan sepeda motor listrik di Indonesia yang sukses kami rangkum:

Honda PCX Electric

Honda PCX Electric ialah hasil penciptaan PT Honda Astra Motor( AHM) yang sudah dibekali 2 baterai lithium- ion dengan tiap- tiap berkapasitas 50, 4V. Dengan baterai tersebut PCX Elecric sanggup menciptakan tenaga sebesar 4, 2 kW pada 5. 500 Rpm dengan energi tempuh 69 kilometer dengan kecepatan rata- rata 40 kilometer/ jam bila baterai penuh. Sistem pengisiannya juga dapat dicoba dengan 2 metode, ialah colok ke stop kontak yang memerlukan waktu pengisian 6 jam( dari kosong sampai penuh) serta swap system.

Dari segi desain, tampilannya nampak sama dengan PCX standar. Tetapi, bagian belakangnya mempunyai tampilan yang sedikit berbeda. Ada aksen biru di sebagian zona bodi. Tidak hanya itu, lampu utama, sein, daytime running light, serta stop lamp- nya juga telah memakai teknologi LED.

Gesits

Sepeda motor listrik Gesits ialah proyek kerja sama antara Garasindo dengan Institut 10 Nopember( ITS). Kabarnya, Gesits telah dibuat pada 2018 serta telah melewati proses pengembangan semenjak 2015. Setelah itu, pada ajang Indonesia International Motor Show( IIMS) 2019, motor listrik ini kesimpulannya formal diluncurkan.

Konsep desainnya, Gesits nampak tidak jauh berbeda dengan desain motor matik yang berbahan bakar bensin, apalagi mirip semacam Vario 125. Dari bagian depannya, nampak desain meruncing dengan lampu utama HID Projection berteknologi LED yang dibangun sipit dan Day Running Light( DRL) pada sisi kiri serta kanannya.

Gesits dibekali baterai Lithium Ion NMC( nickel- manganese- cobalt) yang mempunyai spesifikasi 72V 20 A. Bila keadaan baterainya penuh, motor dapat berjalan sepanjang 70 kilometer.

Selis E- Max

Bila mendengar nama Selis, tentu terbayang suatu sepeda bertenaga listrik yang kerap digunakan di area rumah. Selis pula nyatanya memproduksi motor listrik, salah satunya Selis E- Max.

Motor listrik ini ditujukan buat dipakai di area dekat rumah ataupun jarak yang tidak sangat jauh. Jarak tempuh maksimalnya cuma 40 kilometer dengan kecepatan paling tinggi 50 kilometer/ jam. Motor penggeraknya sendiri mempunyai keahlian sebesar 1. 200 watt.

Selis E- Max ini sudah dibekali baterai dengan spesifikasi 60 volt 20 ampere. Buat pengisian energi baterai, perlu waktu dekat 4- 6 jam.

Viar Q1

PT Triangel Motorindo( TM) Viar Indonesia ikut meluncurkan motor listrik yang dinilai lumayan menarik atensi para calon konsumen. Dinamai Viar Q1, motor listrik ini formal diluncurkan di Indonesia pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show( GIIAS) 2019 kemudian. Tidak hanya itu, Viar Q1 ialah hasil kerja sama antara Viar dengan Bosch, merk otomotif asal Jerman.

Berbeda dengan generasi tadinya, Viar Q1 terkini sudah dibekali baterai dengan mutu yang lebih baik, ialah 2 buah baterai Lithium Ion dengan kapasitas tiap- tiap sebesar 60V 23Ah. 2 baterai tersebut diklaim sanggup bertahan sampai jarak tempuh 120 kilometer ataupun 2 kali lipat dari Viar Q1 model awal.

Tidak hanya itu, motor listrik ini pula diklaim bisa dibawa berkendara sepanjang 70 kilometer bila keadaan baterainya penuh. Buat pengisian energi baterainya, disediakan 2 opsi ialah swapping baterai serta pengisian ulang biasa.

Tidak butuh takut bila baterai seketika habis di tengah jalur. Viar Q1 mempunyai baterai cadangan yang dapat ditaruh di bagasinya buat mengambil alih baterai yang habis dayanya. Perlu waktu dekat 5 jam buat mengisi energi baterai motor listrik ini.

Buat penggeraknya sendiri, Viar Q1 memakai jenis BLDC dari BOSCH yang bisa menghasilkan tenaga sebesar 800 watt.

EC- GO2

Sepeda motor listrik ini ialah kendaraan yang dibawa oleh PT Green City Traffic( GCT). EC- GO2 diklaim bisa dipacu sampai 70 kilometer/ jam. Tidak hanya itu, baterainya sendiri dapat menempuh jarak terjauh sampai 80 kilometer dalam sekali isi. Di sisi lain, motor listrik ini bisa melewati genangan air setinggi 30 centimeter.

Pihak GCT sudah menyematkan fitur- fitur terbaru pada motor listriknya. Sebut saja misalnya GPS serta aplikasi pada smartphone yang bisa memonitor data sepeda motor tentang baterai, temperatur kendaraan, posisi GPS, kecepatan, dan informasi posisi pengisian baterai di luar yang telah terkoneksi dengan BMS( Battery Management System). 

Comments

Popular posts from this blog

Rekomendasi Motor Listrik Murah di Indonesia

Adira Finance Permudah Layanan Digital Lewat Aplikasi Adiraku